Teknik Informatika UMP dalam angka

Teknik Informatika UMP dalam Angka

  • Statistik jurusan / program studi S1 Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)
  • Melihat ragam perbandingan mulai dari sarana dan prasarana, hingga sumber daya manusia

Jurusan / program studi (prodi) S1 Teknik Informatika semakin diminati di era revolusi industri 4.0 ini.

Jurusan Teknik Informatika semakin “laris” di pasaran, karena mengingat sumber daya manusia lulusannya berpotensi ditempatkan di segala bidang atau sektor industri.

Tak terkecuali jurusan S1 Teknik Informatika UMP yang juga memperoleh perkembangan sangat signifikan selama 10 tahun terakhir, sejak tahun 2009 hingga sekarang.

Berikut ini, statistik S1 Teknik Informatika UMP dalam angka.

Sumber Daya Manusia

1. Dosen

Pendidikan Terakhir Dosen

Pendidikan terakhir

Kesimpulan: Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwasannya hingga per tahun 2020, sebanyak 16 dosen Teknik Informatika UMP (alias 100%) memiliki jenjang pendidikan terakhir adalah S2 atau Magister.

Penelitian Dosen yang Terindeks Google Scholar

Penelitian dosen di Google Scholar

Kesimpulan: Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwasannya hingga per tahun 2020, sebanyak 13 dari 16 dosen Teknik Informatika UMP (alias 81%) melakukan penelitian setidaknya 1 kali di tahun 2020 yang terindeks oleh Google Scholar.

HIndayati Mustafidah, S.Si., M.Kom. melakukan penelitian terbanyak di tahun 2020, selanjutnya oleh Sigit Sugiyanto, S.T., M.Eng., dan Dimara Kusuma Hakim, S.T., M.Cs.

2. Mahasiswa

Jumlah Mahasiswa 2009 – 2019

Jumlah mahasiswa

Kesimpulan: Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwasannya pertumbuhan angka jumlah mahasiswa Teknik Informatika UMP sejak tahun akademik gasal 2009 / 2020 hingga tahun akademik gasal 2019 / 2020, memperlihatkan peningkatan drastis jumlah mahasiswa, seiring dengan banyaknya peminat akan disiplin ilmu tersebut.

Peningkatan signifikan tersebut terlihat saat 2009 hanya memiliki sekitar 200 mahasiswa dan 10 tahun kemudian di 2019 memiliki lebih dari 650 mahasiswa.

Perbandingan Jumlah Dosen dan Mahasiswa

Perbandingan dosen dan mahasiswa

Kesimpulan: Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwasannya angka perbandingan antara jumlah dosen dan mahasiswa masih aman, karena berdasarkan Surat Edaran Mekanisme Perpanjangan Akreditasi Tahun 2020, diungkap bahwasannya rasio maksimal adalah 1 : 60 untuk jenjang S1.

Sarana dan Prasarana

1. Kelas

Ruang kelas

Kesimpulan: Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwasannya ruang kelas Teknik Informatika UMP yang digunakan sebanyak 5 kelas yang berada di lantai 3 dan lantai 5 Gedung R Fakultas Teknik dan Sains Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Kelas yang biasa digunakan di Gedung R adalah 3.1, 3.2, 3.7, 3.8, dan 5.1 (Aula Badi Nguzaman).

2. Laboratorium

Laboratorium

Kesimpulan: Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwasannya Teknik Informatika UMP telah memiliki sebanyak 8 laboratorium yang biasa digunakan untuk perkuliahan hingga per tahun 2020, meliputi:

  1. Laboratorium Cisco
  2. Laboratorium Digital Forensics Center
  3. Laboratorium Hardware
  4. Laboratorium Internet
  5. Laboratorium Multimedia
  6. Laboratorium Pemrograman Dasar
  7. Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak
  8. Laboratorium Sistem Cerdas

3. Perpustakaan

Perpustakaan

Kesimpulan: Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwasannya Teknik Informatika UMP memiliki 1 ruang perpustakaan di lantai 5 Gedung R Fakultas Teknik dan Sains Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Ruang perpustakaan berada di dekat Aula Badi Nguzaman, di dalamnya terdapat karya ilmiah dari mahasiswa Teknik Informatika, berupa kerja praktik (KP), hingga skripsi.

Daftar Artikel Tentang Teknik Informatika UMP

Setelah mengetahui Teknik Informatika dalam angka, berikut merupakan daftar bacaan lengkap terkait program studi S1 Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Sehingga, bisa menjadi sumber referensi bagi teman-teman yang ingin berkuliah di Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *