Mendeley

Pengertian Mendeley

  • Mengupas pengertian Mendeley, penting diketahui sebagai landasan bagi civitas akademika yang melakukan penulisan karya ilmiah
  • Software / program aplikasi Mendeley bisa diperoleh secara gratis bagi siapa saja

Sitasi menjadi sebuah elemen penting yang tak terpisahkan dalam kegiatan penulisan karya ilmiah.

Mengetahui hal tersebut, tetapi masih banyak penulis atau para peneliti melakukan sitasi secara manual, tanpa menggunakan program aplikasi.

Padahal, apabila melakukan sitasi secara manual, akan mengakibatkan unconsistency, seperti:

  • Dalam beberapa kasus, terjadi perbedaan versi sitasi
  • Sitasi dari internet yang sangat berantakan, tidak sesuai dengan standar baku
  • Kerap terjadi salah ketik (typo)

Padahal, dengan menggunakan program aplikasi, sitasi menjadi lebih efektif, efisien, dan mampu meminimalisir kesalahan akibat human-error.

Melihat hal tersebut, mari kita melihat secara lebih rinci mengenai apa itu definisi atau pengertian Mendeley, yang sangat penting dalam kegiatan karya tulis.

Pengertian Mendeley

Mendeley
Program aplikasi Mendeley

Mendeley adalah software atau program aplikasi yang dikembangkan oleh Elsevier dalam mempermudah melakukan integrasi sitasi dan referensi pada suatu dokumen.

Sebelum melakukan sitasi, pengguna perlu menyimpan semua data dokumen ke dalam server Mendeley. Selanjutnya, data tersebut nantinya bisa di-input secara otomatis dalam dokumen yang dipilih.

Dengan menggunakan Mendeley, penulis atau peneliti mampu mengolah setiap dokumen yang dimiliki, hingga melakukan retrieving metadata sebuah dokumen.

Salah satu alasan dipilihnya Mendeley karena terdapat kemudahan integrasi. Mendeley dapat diintegrasikan dengan software atau program aplikasi Microsoft Word.

Jadi, Mendeley merupakan program aplikasi yang kompatibel dan tidak perlu membutuhkan requirement tambahan yang ribet untuk diintegrasikan.

Mendeley Bersifat Freemium

Freemium
Freemium

Pada dasarnya, software atau program aplikasi Mendeley memang gratis. Namun, secara lebih lengkapnya, ternyata software ini bersifat freemium.

Apa itu freemium?

Fremium adalah sebuah model dengan penawaran layanan yang dapat digunakan secara gratis, tetapi dapat dikenakan biaya untuk beberapa fitur khusus lainnya.

Jadi, pengguna saat mengunduh Mendeley masih dapat menggunakannya secara gratis bahkan sampai kapanpun, asalkan tidak melebihi batas ketentuan yang ditetapkan oleh Elsevier.

Fitur Mendeley

Integrasi dengan Word
Fitur Mendeley, integrasi dengan Word

Beberapa fitur andalan Mendeley, meliputi:

  • Dapat berjalan di berbagai macam sistem operasi, mulai dari Windows, Linux, hingga Mac
  • Mampu menampilkan metadata sebuah file secara otomatis
  • Memiliki banyak model sitasi yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna
  • Mudah terintegrasi dengan berbagai macam word processing (perangkat lunak pengolah kata), seperti Microsoft Word, Open Office, dan Libre Office
  • Terdapat free web storage sebesar 2 GB yang dapat digunakan oleh pengguna sebagai keperluan backup

Manajemen file yang dilakukan oleh program aplikasi Mendeley sangat mudah, menjadikan software ini sangat user-friendly.

Yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Mendeley

Tampilan Mendeley
Tampilan Mendeley Desktop

1. Metadata File Bisa Salah

Saat melakukan input file ke dalam Mendeley, metadata secara otomatis akan tertampil. Namun, ternyata tidak bisa langsung tenang begitu saja.

Terkadang, dalam beberapa kasus, metadata bisa salah alias tidak sesuai dengan file yang diinput.

Beberapa kesalahan tersebut, seperti:

  • Nama pengarang yang salah
  • Nomor halaman yang salah
  • Penulisan judul yang salah
  • dan lain sebagainya

Walaupun Mendeley menyediakan metadata secara otomatis, sebagai seorang pengguna, tetap harus memperhatikan metadata tersebut, karena metadata tersebut yang akan masuk ke dalam dokumen.

Jika perlu, direkomendasikan untuk mengedit metadata secara manual. Walaupun butuh waktu, namun kredibilitas sitasi tidak akan menjadi masalah.

2. Hak Akses Terhadap Jurnal Berbayar

Dalam beberapa kasus, jurnal berbayar juga pernah mengalami sedikit masalah terhadap hak akses pada program aplikasi Mendeley.

Jika file didapat dari jurnal berbayar, seperti:

  • ClinicalKey
  • ProQuest
  • ScienceDirect
  • dan lain sebagainya

Terkadang agak sedikit bermasalah terhadap hak akses file tersebut.

Frequently Asked Question (FAQ)

Berikut ini beberapa pertanyaan yang kerap kali diajukan oleh pengguna, terkait dengan program aplikasi Mendeley:

Apa saja kelebihan atau keunggulan Mendeley?

Mendeley dapat digunakan di berbagai macam platform, baik itu mobile maupun desktop, dan di berbagai macam sistem operasi yang berbeda.

Bagaimana konsep Mendeley?

Konsepnya, pengguna dapat meng-upload file referensi ke dalam aplikasi Mendeley, yang dapat diintegrasikan dengan cara sitasi di program aplikasi pengolah kata secara otomatis, dengan versi yang dipilih.

Seberapa penting aplikasi Mendeley?

Sangat penting! Terlebih bagi civitas akademika, yang membuat karya ilmiah menjadi “makanan sehari-hari”, tidak hanya bagi dosen dan peneliti, melainkan juga bagi mahasiswa.

Mengapa Mendeley tidak muncul di Word?

Salah satu kemungkinan terbesar adalah belum diintegrasikannya program aplikasi Mendeley dengan Word. Untuk mengintegrasikannya, silakan baca artikel di bawah mengenai “cara install Mendeley“, sudah dipaparkan secara tuntas dari A sampai Z.

Daftar Artikel Tentang Mendeley

Setelah mengetahui belajar mengenai pengertian Mendeley, berikut daftar bacaan lengkap terkait software atau program aplikasi Mendeley, yang mungkin dapat membantu Anda untuk memahami Mendeley secara lebih dalam.

Sehingga, penerapan atau implementasi Mendeley dalam lingkup kegiatan akademik menjadi lebih efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *