Mesin turing

Mesin Turing

  • Mengenal mesin turing (turing machine) yang diinisiasi oleh Alan Turing
  • Walaupun mesin turing bersifat sederhana, tetapi dapat melakukan berbagai rangkaian algoritma komputer yang bersifat kompleks sekalipun

Perkembangan komputer dari tahun ke tahun, dari zaman ke zaman memang begitu luar biasa signifikan.

Berbagai macam perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) juga tercipta, untuk memfasilitasi kebutuhan zaman yang berubah-ubah.

Akan tetapi, walaupun kecepatan komputasi modern kian meningkat, tetapi masih menggunakan konsep yang sama, yakni mesin turing.

Mari kita mengenal apa itu pengertian mesin turing, sejarah, cara kerja, dan lainnya, sebagai wujud memahami teori komputasi.

Pengertian Mesin Turing

Mesin turing adalah model komputasi teoretis yang ditemukan oleh Alan Turing, berguna sebagai model yang ideal untuk melakukan perhitungan matematis.

Perlu diketahui, sebuah mesin turing terdiri atas barisan sel yang tersusun berupa pita, yang mana dapat bergerak secara maju atau mundur.

Panjang pita pada mesin turing tak terhingga, yang mana untuk setiap sel dalam pita tersebut bisa berisi 0, 1, atau bahkan kosong (empty space).

Di atas salah satu sel pita tersebut terdapat head, yang dapat bergerak ke kiri atau ke kanan, dan bisa membaca simbol yang tertulis pada sel.

Walaupun memang mesin turing ini pada prinsipnya bekerja secara sederhana, tetapi mesin ini bisa melakukan algoritma komputer apapun, tidak peduli seberapa rumit dan kompleks algoritma tersebut.

Mesin turing dapat melakukan sebanyak 3 operasi dasar:

  • Read, membaca simbol pada square di bawah head
  • Edit, mengubah simbol dengan menulis simbol baru atau menghapusnya
  • Move, memindahkan pita ke kiri atau kanan sebanyak 1 square

Berikut ini beberapa perbedaan antara mesin turing dengan finite automata dan pushdown automata.

MachineStack Data StructureDeterministic?
Finite AutomataN.A.Ya
Pushdown Automata Last In First Out (LIFO)Tidak
Turing MachineInfinite tapeYa

Sejarah Mesin Turing

Orang yang berjasa dalam menciptakan mesin turing adalah Alan Mathison Turing (biasa dikenal dengan Alan Turing), seorang ahli matematika yang berasal dari Inggris. Alan Turing lahir di Paddington, London, 23 Juni 1912.

Dirinya berkuliah di Cambridge University dan tertarik dengan buku bacaan tentang sains dan matematika.

Karena memiliki bakat luar biasa di bidang sains dan matematika, di tahun 1930, Alan Turing berhasil memberikan gagasan atau ide mengenai komputer digital, guna melakukan pemecahan terhadap berbagai macam masalah.

Ide tersebut diwujudkan dengan terciptanya mesin turing (turing machine) yang menjadi cikal bakal dari komputer modern.

Mesin turing ditemukan di tahun 1936 oleh Alan Turing. Mesin ini dibuat untuk mendeskripsikan hal matematis dari perangkat yang sederhana, ternyata mampu melakukan model komputasi, bahkan dalam ketidakterhitungan Entscheidungsproblem (masalah keputusan).

Ilustrasi dan Demonstrasi Mesin Turing

Berikut ini contoh ilustrasi secara visual kegiatan operasi dari mesin turing.

Ilustrasi / contoh mesin turing
Ilustrasi / contoh mesin turing, via i2cell.science

Berikut ini demonstrasi mesin turing berdasarkan arah pergerakan head, nilai yang dihapus, dan nilai yang ditulis, bergantung pada serangkaian instruksi yang diberikan pada mesin tersebut.

Contoh demontrasi mesin turing
Contoh demontrasi mesin turing, via futurelearn.com

Video Mesin Turing

Daftar Artikel Tentang Teori Komputasi

Setelah mengetahui pengertian mesin turing dan prinsip cara kerjanya, berikut merupakan daftar bacaan lengkap terkait Teori Komputasi (Theory of Computation).

Sehingga, pemahaman lebih lanjut mengenai Teori Komputasi bisa lebih dalam dan mudah untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sebagai salah satu cabang disiplin ilmu artificial intelligence (AI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *