Mendeley

Mendeley

Faktanya, menggunakan software atau program aplikasi Mendeley, mampu mempermudah kalangan civitas akademika dalam kegiatan penulisan karya ilmiah.

Peneliti juga tidak perlu menuliskan daftar pustaka satu-persatu secara manual. Apabila dilakukan satu-persatu, akan sangat merepotkan, terlebih jika memiliki puluhan daftar pustaka.

Dengan menggunakan Mendeley, pengguna dapat:

  • Menyimpan, mengatur, dan mencari semua referensi dari hanya 1 library
  • Menyisipkan referensi dan bibliografi di dokumen Microsoft Word
  • Membaca, menyorot, dan memberi anotasi PDF, serta menyimpan semua dokumen di 1 tempat
  • Memungkinkan untuk berkolaborasi dengan pengguna lain

Mendeley Desktop tersedia dalam sistem operasi Mac, Linux, dan Windows. Untuk Mendeley Web dapat dijalankan di kebanyakan browser. Versi mobile tersedia di iPad, iPhone, dan Android.

Dengan Mendeley yang bersifat gratis, terdapat kapasitas penyimpanan sebesar 2 GB sebagai personal storage, memungkinkan membuat 5 grup dan 25 kolaborator sebagai sharing document, dan 100 MB shared web storage.

Selain itu, kelebihan lain aplikasi Mendeley dapat digunakan oleh siapa saja dan semua kalangan. Penggunaannya juga mudah, dapat langsung dioperasikan oleh pemula sekalipun.

Sementara itu, berikut merupakan daftar artikel tentang Mendeley yang membahas teori, hingga praktik penggunaan aplikasi Mendeley.

Pengertian Mendeley
Mengupas aspek-aspek fundamental program aplikasi Mendeley, sebagai salah satu bagian pengenalan.

Sejarah Mendeley
Melihat sejarah program aplikasi Mendeley yang berawal dari problem mahasiswa S3 di Jerman dalam menuliskan sitasi dan daftar pustaka.

Cara Install Mendeley
Panduan instalasi program aplikasi Mendeley menggunakan sistem operasi Windows untuk setiap step by step.

Cara Menggunakan Mendeley
Penggunaan Mendeley dengan integrasi program aplikasi Word, hingga mengubah style sitasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *